AEC KEP. RIAU

Kota Tanjung Pinang

Pengembangan AEC di Kepulauan Riau dimulai dari Kota Tanjung Pinang oleh Wisnu Gardjito (The Improvement Institute) dengan Team UD. Sumber Rejeki (Vipie dan Fadhli) pada bulan Desember 2012. Bersama Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Tanjung Pinang langkah awal pembangunan cluster agroindustri kelapa olahan adalah melakukan pelatihan kepada komunitas masyarakat yang akan dibentuk menjadi agroindustrialist kelapa olahan. Kota Tanjung Pinang adalah Ibu Kota Propinsi Riau Kepulauan dimana terdapat banyak pulau dengan areal kelapa yang sangat luas.

Kadis Perindag Bapak Efiyar dan Wisnu Gardjito

Pelatihan dibuka oleh Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Tanjung Pinang Drs. Efiyar M. Amin di Aula Gedung SMKN 2 Kota Tanjung Pinang. Peserta latih hadir dari berbagai komunitas di Kota Tanjung Pinang dengan latar belakang non-kelapa. Pelatihan dilakukan secara marathon selama seminggu dan menghasilkan 10 produk latih yaitu : VCO, Minyak Goreng Putih, Sabun, Selai Kelapa, Kecap, Mie Kelapa, Coconut Coffee Cokies, Wingko babat, Sirup Kelapa, dan sambal kelapa. Seluruh produk sudah bermerk dan berlabel made in AEC Tanjung Pinang. Diharapkan selanjutnya pemerintah dapat memfasilitasi ke arah lebih maju lagi sehingga dari Tanjung Pinang aneka produk kelapa olahan ini dapat diekspor.

Embryo Kelompok Usaha Bersama AEC Corp Tanjung Pinang

Selanjutnya telah disepakati untuk membentuk kelompok usaha bersama yang kelak akan dikembangkan menjadi entitas Usaha Bersama dengan nama AEC Tanjung Pinang dimana didalamnya akan berisi berbagai kelompok masyarakat yang akan mengembangkan agroindustri berbasis kelapa.

Masuk Pasar Singapura

Salah satu upaya untuk memasarkan produk mereka adalah membuat jaringan retail ke Batam, mengekspor ke Singapura, dan membuat pusat kuliner yang difasilitasi Bapak Efiyar, Kepala Dinas Perindag Kota Tanjung Pinang. Langkah memasuki pasar Singapura dilakukan oleh UD. Sumber Rejeki (Vipie) dan The Improvement Institute dan langkah awal membuat jaringan retail dilakukan ke Batam bekerja sama dengan KUBE Batam yang dipimpin oleh Sdr Ayon Suyono.

 

 

 

 

Kegiatan Pelatihan Angkatan Pertama (Desember 2012) :

Berikut ini adalah kegiatan pelatihan angkatan pertama di Kota Tanjung Pinang yang dilaksanakan oleh The Improvement Institute dan UD. Sumber Rejeki.